Selasa, 18 Desember 2007

makalah temprament

TEMPERAMEN YANG DIUBAHKAN
Oleh : Prasasti Perangin-angin

1. Pengertian
Temperamen adalah kombinasi pembawaan yang kita warisi dari orang tua kita atau pembawaan sejak lahir yang tanpa sadar mempengaruhi tingkah laku manusia. Pembawaan ini dibentuk secara genetis berdasarkan kebangsaan, ras, sex dan faktor-faktor keturunan lainnya. Temperamen seseorang lah yang menjadikan ia ramah dan terbuka atau pemalu dan tertutup. Tapi tentu saja bukan hanya temperamen yang mempengaruhi tingkah laku kita, kehidupan dirumah pada masa awal, latihan, pendidikan dan motivasi yang memiliki pengaruh yang kuat atas perbuatan kita, sepanjang hidup kita. Temperamen yang dipengaruhi secara genetic dipengaruhi oleh kejatuhan adam ( Rom 7:18-20 ) dan sifat dasar yang di warisi ini sering disebut sebagai “manusia duniawi” “daging”, “ manusia lama” dll.

2. Jenis dan manfaat temperamen.
Temperamen dasar terdiri dari 4 yakni Sanguinis, Kholeris, melankolik dan Plegmatis. Dalam diri manusia sebenarnya terdapat ke 4 komponen tersebut tapi pada umumnya ada yang mendominasi satu temperamen dengan temperamen yang lain. Manfaat utama mempelajari ke 4 temperamen ialah :
 Karena temperamen banyak mempengaruhi hidup kita.
 Supaya kita kenal siapa kita dan potensi-potensi apa yang tersimpan dalam diri kita, sehingga kita bisa membawakan diri kita ditengah-tengah masyarakat dan memaksimalkan potensi kita.
 Membantu kita mengenali orang lain dan membantu mereka dalam memaksimalkan potensi yang mereka miliki.

3. Temperamen dasar
a. Sanguinis
Pribadi yang hangat, meluap-luap, bersemangat dan bersifat menikmati. Merupakan peribadi yang ramah sehinggga dianggap super ekstrovert. Tidak pernah kekurangan sahabat, benar-benar dapat merasakan sukacita dan memiliki kemampuan untuk membuat dirinya merasa penting.
b. Kholeris
Seseorang yang cepat panas, cepat, aktif, praktis, berkemauan keras, mudah mengambil keputusan bagi dirinya sendiri dan orang yang lain. Seorang yang ekstrovert, namun tidak begitu kuat. Ide-ide, rancangan, sasaran dan ambisinya tidak pernah berakhir. Tidak bingung dibawah tekanan orang lain. Tidak mudah bersimpati terhadap orang lain dan tidak gampang mengekspresikan kasih ( sering merasa jijik dengan air mata ).
c. Melankolik
Tipe yang paling kaya/kompleks diantara semua temperamen. Analitis, suka berkorban, perfeksionis, dengan sifat yang sangat sensitivi. Tidak ada yang menikmati kesenian murni selain dari mereka. Ia seorang yang interovert, karena didominasi oleh persaan, ia cenderung memiliki Susana hati yang beragam. Kadang Susana hati ini mengangkat kepada hati yang sukacita yang membuat dia lebih bersifat ekstrovert sahabat yang setia namun ia tidak pernah memiliki sahabat dengan mudah dan merupak orang yang paling diandalakan karena bersifat perfeksionis.

d. Plegmatis
Tenang, gampang, tidak pernah merasa terganggu dengan kondisi sepanas apapun sehingga ia hampir tidak pernah marah. Paling mudah diajak bergaul secara alamiah adalah orang yang paling menyenangkan dari semua temperamen. Menurut Hipocrates, plegmatik adalah tipe: tenang, dingin, lamban, seimbang. Sedemikian tenang sehingga tidak pernah merasa gelisah. Dia tidak pernah kekurangan sahabat, karena ia menyenangi orang-orang yang memiliki selera humor yang kering. Ia dapat melihat sesuatu yang menggelikan dalam diri orang lain atau apa yang dikerjakan orang lain. Cenderung menjadi penonton dalam kehidupan, berusah tidak terlibat dengan orang lain. Ia tidak sukarela jadi seorang pemimpin, tapi bila terpakas menjadi seorang pemimpin, ia terbukti dapat menjadi seorang pemimpin yang cakap.

Kekuatan dan kelemahan 4 temperamen dasar.
1. Sanguinis
Kekuatan : Ekstrovert bahkan super ramah, responsif, hangat dan bersahabat, banyak bicara, antusias, berbelaskasihan, optimis, menikmati hidup, kasih murni, hati lembut dan periang.
Kelemahan : tidak disiplin, emosi tidak setabil, tidak produktif, egois, membesar-besarkan masalah.
2. Kholeris
Kekuatan : berkemauan keras, independen, memiliki visi, praktis, produktif, tegas, pemimpin, disiplin, agresif, mampu berorganisasi, bisa mengambil keputusan cepat.
Kelemahan : dingin, merasa puas diri, ceroboh, sulit sarkastis, pemarah dan kejam.
3. Melankolis
Kekuatan : berbakat, analitis, estelistis, rela berkorban, tekun, disiplin, kreatif, jarang ingin menjadi pusat perhatian.
Kelemahan : pemurung, berpusat pada diri sendiri, suka menyiksa, pembalas, perasa, teoritis, kurang bermasyarakat dan berpikir negatif.
4. Phlegmatis
Kekuatan : tenang or kalem, cuek/tidak peduli, dapat diandalkan, objektif, diplomatis, efesien, teratur, praktis, humoris, dan terencana.
Kelemahan : Tidak punya motivasi, suka menunda-nunda, egois, kikir, menyelamatkan diri sendiri, tidak tegas, penakut, dan berpikir negatif.

IV. Temperamen yang diubahkan menjadi temperamen Kristus
 Kita diciptakan sesuai dengan dengan gambar dan rupa Allah ( Kej 1:26 )
 Manusia dibentuk oleh Allah ( Maz 139 : 13-16 )
 Manusia mengalami perubahan pikiran seperti pikiran Kristus ( Fil 2:5 , Ef 4 : 21-23, 1 Kor 2 :16 )
 Temperamen berangsur-angsur terbentuk oleh Roh Kudus ( 1 Kor 2:16 )
 Temperamen yang diubahkan hidup dalam buah roh ( Ef 4: 24-32 , 5 : 15-21 )

Tidak ada komentar: