Selasa, 18 Desember 2007

bahan creative small group


Tujuan:
1. Menolong PKK untuk kreatif dalam mengelola kelompok kecil
2. Memberikan beberapa ide tentang pengelolaan yang kreatif
3. Mendorong PKK untuk mencari dan menemukan berbagai ide kreatif untuk KK mereka

Komponen KK, Paradigma Baru

















Pusat Dari KK adalah Tuhan, yang diekspresikan dalam komunitas (persekutuan) yang secara bersama berbagi hidup, mempelajari firman, berdoa dan menyembah, serta melakukan penjangkauan keluar.

Membangun Komunitas di Dalam KK
Tujuan:
1. Membangun komunitas ditujukan agar kelompok menjadi kumpulan orang-orang yang memiliki komitmen satu dengan lainnya apapun yang terjadi.
2. Menciptakan dunia yang aman dimana kita bebas mengungkapkan kelemahan dan kerapuhan masing-masing.
3. Menjadikan komunitas yang setiap orang bersedia bertanggungjawab dan ditantang.
4. Tempat bagi adanya persahabatan yang dalam.

Hal ini akan tercapai
1.Kalau dijadikan sasaran oleh pemimpin KK
2.Memulai untuk mencapainya dari permulaan KK
3.AKK berpartisipasi dalam pertumbuhan komunitas

Bahan untuk community-making:
1. Unity in Christ (Kis 2:41,44)
2. Shared experience ( Mark 1: 16-20)
3. Trust and vulnerability (mempercayai dan membukakan kerapuhan)
4. Accountability and commitment

Pada permulaan KK, pemimpin mengambil inisiatif untuk menyatukan kelompok. Penting sekali memberi waktu yang cukup untuk merencanakan dan mengembangkan aspek ini. Dibawah ini ada beberapa ide:

A. Untuk Semua Fase
1. Informal gathering
 Makan di kantin bersama
 Ngerujak di kost, Pesta Indomie, Mie/Nasi Goreng PKPA
 Masak bersama (kolak, panggang BPK, Ikan etc)
 Main Ping-pong, badminton, main di kolam renang
 Nonton Consolatio, konser rohani, PSMS
 Retret bersama 1 KK lainnya, rencanakan games etc
 Survei Perpustakaan, Pajak Lokal
 Jalan Pagi Bareng, lalu mengadakan sharing bersama

2. SerKat (Sharing Singkat)
Pada permulaan KK, setiap anggota diberikan waktu 30 detik untuk menceritakan bagaimana perasaannya saat itu. Setiap laporan dilakukan tanpa ada interupsi atau pertanyaan dari anggota lainnya. Tanggapan dan evaluasi dari anggota yang tidak diperbolehkan. Hal ini dilakukan untuk memberikan tiap anggota kesempatan untuk mengenali keadaannya sendiri dan keadaan dari orang lain di KK tersebut.
(Bagi mereka yang sulit untuk mengungkapkan hal yang bersifat perasaan, dapat menggantikannya dengan kata-kata yang diambil dari cuaca, dan memberikan keterangan singkat mengenai cuaca tersebut).
Follow up terhadap perasaan tertentu dapat dilakukan sehabis SerKat.

3. Grafik Minggu Ini
Setiap orang membuat grafik keadaan emosi atau kesibukan atau rohani (doa, sate, PI, etc) selama satu minggu. Lalu masing-masing diberi kesempatan untuk menceritakan arti dari grafik tersebut. Dapat juga digabung dengan games, tiap gambar dimasukkan ke sebuah wadah lalu diadakan tebakan grafik siapakah yang sedang dibaca tersebut. Hal ini dapat dijadikan pembukaan untuk memulai sharing dalam KK.

4. Variasi Dalam Saling Mendoakan
Saling berpegangan atau membahu dalam saling mendoakan bisa memberikan pengalaman yang unik dalam berkomunitas. Bagi wanita dengan berpegangan tangan akan mempererat ikatan perasaan. Bagi para pria saling membahu sering kali membangun kekompakan.

B. Untuk Fase Penginjilan dan Pemuridan (0-6 bulan pertama)
1. Menggambar Diri
Masing-masing menggambar sesuatu benda yang menggambarkan sesuatu tentang dirinya. Bisa digabungkan dengan games menebak siapa menggambar apa. Lalu hal tersebut dijadikan loncatan untuk sharing mengenai masing-masing.

2. Dua Benar, Satu Salah
Masing-masing menuliskan tiga hal mengenai dirinya, dua benar, satu hal salah. Lalu dilakukan games atau tidak seperti diatas. Dapat juga langsung, lalu anggota menebak mana yang salah dari tiga hal tersebut. Hal ini dijadikan batu loncatan untuk membagikan keadaan masing-masing.

3. Iklan dan Diri
Masing-masing diberikan sebuah Koran. Dari iklan atau berita yang ada cari sesuatu yang menggambarkan diri anda. Lalu hal ini dijadikan lompatan untuk sharing.

4. Komunikasi Lima Peran Diri
Masing-masing menuliskan lima peran yang dilakukan dalam hidupnya (Mahasiswa, anak, abang, adik, sahabat, karyawan, dll). Lalu masing masing bertanya, bagaimana kalau tiap peran itu hilang dari hidupnya. Mana yang paling memberikan suatu perubahan yang sangat drastis. Lalu dibuat rangking dari yang terpenting sampai yang kurang penting. Lalu bagikanlah kepada kelompok:
a. Adakah sesuatu yang hal ini ajarkan tentang diri anda?
b. Sesuatu yang disadari, yang sebelumnya tidak?
c. Mengapa sesuatu itu menjadi paling penting?
d. Yang lain memberi komentar tentang hal yang paling berkesan atau paling menarik dari sharing masing-masing.

5. Benda dan Diri
Kumpulkanlah berbagai benda kecil dari rumah anda. Kemudian masukkanlah ke dalam sebuah tas. Setiap anggota harus mengambil sesuatu dari tempat itu dan apa saja yang ditemukannya harus dapat menceritakan sesuatu tentang anggota kelompok lain yang dikenalnya. (Bisa juga diganti dengan mengatakan sesutau tentang dirinya, keluarganya, atau studinya)

6. Menggambar Diri (Lebih Dalam)












7. Empat Pertanyaan Tentang Keindahan
 Kenangan apa yang terindah pada waktu SD?
 Sewaktu kecil, siapa yang membela anda waktu anda bertengkar dengan teman sebaya?
 Dimana, atau dengan siapa, sewaktu anda kecil, yang paling memberikan rasa nyaman secara manusiawi kepada anda?
 Kapan, bila pernah, Tuhan menjadi kenyataan yang tidak sekedar kata-kata dalam hidup anda?
Pertanyaan ini dijawab setiap orang satu demi satu. Selain untuk saling mengenal, kita dapat memberitahukan setiap anggota bahwa perbedaan pengalaman membentuk perbedaan kepribadian masing-masing, khususnya dalam pertumbuhan dan pengalaman. Meskipun kehangatan fisik bertumbuh dan menjadi kehangatan psikologis, kita tidak akan lengkap sampai Tuhan memberikan kehangatan yang sebenarnya.

8. 10 Kesukaan
a. Mintalah setiap orang mendaftarkan 10 hal yang mereka suka lakukan (ingatkan mereka tidak ada yang baik atau buruk mengenai hal ini. Tetapi merupakan gambaran diri saja)
b. untuk tiap item, berikanlah kode berikut:
S= Hal yang dilakukan sendiri saja
B= Hal yang dilakukan bersama orang lain
Rp= Hal yang mahal atau setidaknya memakan biaya
A= Hal yang Aktif
P= Hal yang pasif
K= Hal yang menuntut adanya komunikasi
L= Hal yang memerlukan latihan
By= Bila berbahaya
Am= Bila aman
O= Bila dilakukan oleh orang tua kita juga
c. Perhatikanlah hal apa yang selalu muncul dalam tiap aktivitas
d. Masing-masing mempelajari apa yang didapatkan
e. sharing dan respon dari satu orang tentang hal yang menarik dari apa yang diberikan disana


C. Untuk Fase Pelipatgandaan dan Misi

1. Mewarnai Sahabat
Hal ini dilakukan untuk mempermudah hambatan psikologis yang dimiliki untuk mengungkapkan perasaan dari masing-masing anggota terhadap yang lain. Berikanlah selembar kertas kepada tiap angota. Kemudian tuliskanlah nama satu anggota diatas dan mintalah masing-masing secara random untuk menggambar warna tentang orang tersebut diatas kertas tersebut. Lalu masing-masing menceritakan apa arti dari tiap warna, khususnya bila berbeda. Atau dapat juga dilakukan secara lisan.

2. Hujan Pujian
Masing-masing memberikan hal-hal positif yang dimiliki oleh setiap anggota secara bergilir. Teruslah hujani dengan perasaan positif yang dimiliki terhadap orang tersebut. Tidak diperbolehkan ada respon ketika pujian diberikan. Pujian diberikan sampai semua anggota kehabisan kata untuk menggambarkan hal positif dari orang tersebut. Lalu dilanjutkan dengan orang berikutnya. Diakhir aktivitas, tiaporang dapat berbagi apa yang dirasakan dan dialami ketika memberikan pujian dan ketika memberikan hujan pujian bagi anggota yang lain.

3. Sahabat Doa

4. Menggambar Hidup
Gambarlah grafik kehidupan anda sejak anda lahir sampai sekarang ini. Buatlah titik terendah, tertinggi, krisis, sukacita, masalah, titik balik dll. Anda bisa membuat dua garis, yaitu garis rohani dan garis emosi. Dapat juga ditambahkan garis lainnya (misalnya garis psikologis, sosiologis etc). Karena memakan waktu yang lama, mintalah tiap orang untuk mempersiapkannya di rumah, kemudia setiap minggunya akan disediakan waktu untuk sharing satu orang selama kl 20-30 menit. Anggota yang lain dapat berespon dan bertanya. Doronglah agar setiap orang dapat dengan jujur menceritakan hidupnya, kemudian ambillah waktu untuk mendoakan anggota yang baru saja bercerita.

Aplikasi:
1. Lengkapilah Kalimat Berikut: Diakhir tahun 2007 kelompok kecil kami akan menjadi kelompok kecil yang…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Rencana yang akan anda lakukan untuk mencapai itu adalah:
 Unity in Christ
 shared experience
 trust and vulnerability
 Accountability and commitment


Kreatif Dalam Pengajaran
10 Rahasia Memimpin Penggalian Yang Baik:
1. Menggalilah dengan terbuka, otoritas ada pada alkitab buka pemimpin, agar tetap memiliki level yang sama, tetaplah pada ayat yang didiskusikan dan usahakan tidak memakai tafsiran.
2. Putuskan apa yang anda inginkan dipelajari oleh AKK dan tetaplah bergerak ke arah tujuan tersebut.
3. Kreatiflah dengan pertanyaan pembuka
4. Pahamilah pertanyaan yang ada dengan baik, hindari mencari tahu arti pertanyaan dalam kelompok
5. Hindari memberikan input yang belum didiskusikan dalam kesimpulan dari jawaban pertanyaan
6. Bangunlah jawaban dari masukan yang diberi setiap AKK, perjelas jawaban, ini menunjukkan bahwa anda mendengar
7. Ijinkan kediaman untuk berpikir, jangan langsung mengalimatkan ulang pertanyaan karena belum ada jawaban
8. Usahakan transisi pertanyaan berjalan dengan mulus
9. Sensitif terhadap apa yang dilakukan setiap AKK. Adakah yang berubah
10. Perhatikan apa yang dilakukan Tuhan selama diskusi dan dengarkalah pimpinan Roh Kudus

Meskipun untuk PA telah memiliki kurikulum, janganlah menjadi kaku dan terbukalah untuk menggunakan satu atau beberapa metode berikut:
a. Mempelajari Satu Booklet (cth: Terbitan Gloria, Perkantas, LRII)
b. Mendengarkan kaset kotbah (hasil Retret, Kamp, Pembicara ttt dll)
c. Makalah dari topik tertentu
d. Belajar Dari Pengalaman
e. Mengikuti Training, Seminar, Pembinaan etc bersama, dan didiskusikan
f. Mempelajari satu perikop, kitab

Kreatif Mengembangkan “Worship & Prayer”

Bagian ini berkembang seiring dengan pengenalan yang semakin jelas dan kaya akan karakter dan sifat-sifat Tuhan. Dalam mengembangkan bagian ini langkah demi langkah perlu dilakukan:
a. Mengenali visi AKK akan sifat-sifat Tuhan
b. Memusatkan visi mereka akan sifat-sifat Allah
c. Mengembangkan visi dan pengenalan
d. Memperdalam pengenalan akan Tuhan

Beberapa pertanyaan berikut dapat dilemparkan sesewaktu untuk menolong kelompok bertumbuh dalam doa mereka:
1. Apa kata yang cocok untuk menggambarkan kehidupan doa pribadi anda?
2. Apa yang sering menghalangi orang untuk berdoa?
3. Apa yang menghalangi orang berdoa bersuara atau di pertemuan?
4. Apa pengalaman yang pernah dialami dalam doa berkelompok?
5. Mengapa orang Kristen berdoa bersama?
6. Mengapa orang Kristen perlu berdoa bersuara?
7. Apakah anda punya pertanyaan mengenai doa?
8. Bagaimana anda menggambarkan Tuhan?
9. Apa yang menjadi ciri doa seseorang yang anda kagumi?
10. Apa yang dapat dikembangkan dari kehidupan doa kelompok?
11. Adakah cara doa yang diinginkan diterapkan dalam kelompok?
12. Bagaimana peran posisi tubuh dalam berdoa?

Beberapa Ide:
1. Membaca Lagu, kadang membantu lebih menghayati. Lalu kemudian dinyanyikan kembali. Untuk pertemuan awal pilihlah lagu yang dikenal oleh semua anggota
2. Bacalah beberapa paragraf dari buku A.W. Tozer Mengenal Yang Maha Kudus
3. Bacalah Mazmur, lihat ayat yang menarik bagi masing-masing anggota
4. Mintalah AKK untuk menulis puisi, mazmur, lagu atau doa untuk dibacakan dalam kelompok
5. Mendengarkan lagu rohani bersama, kemudian masing-masing memberikan kesan pribadi yang dimiliki
6. Sesekali keluar dari tradisi atau kebiasaan. Misalnya carilah tempat yang enak untuk menyembah seperti gereja atau alam dimana KK anda bisa merasa bebas untuk mengangkat tangan, berlutut, menyembah kening ke tanah atau menari dihadapan Tuhan.
7. Mempelajari nama-nama Tuhan sering membantu memperdalam penyembahan. Dibawah ini adalah beberapa contoh dari nama Tuhan dalam PL:
Yahweh : Pemelihara, Yang Menegakkan, Yang Menjaga
Yahweh Sebaot: Pencipta Segala Mahkluk Sorgawi
Elohim: Pencipta Alam Semesta
El Elyon: Tuhan Maha Tinggi
El Shaddai: Tuhan Gunung dan Pemelihara
El Eloe Israel: Allah Yakub
Adonai: Tuan dan Bapa

Kreatif Dalam “Outreach”

1. Misi melalui Doa
 Asrama, Kost-Kostan yang membutuhkan Injil
 Teman yang belum mengenal Injil
 Pengurus agar setia melakukan pelayanan dan penginjilan
 Negara dan isu di surat kabar, majalah
 Negara lain yang dilanda bencana, kelaparan etc
 Mengikuti Operation World
 Penduduk di dunia yang menarik perhatian AKK

2. Menulis surat:
 Surat kepada misionaris yang dikenal (bisa hubungi Perkantas)
 Surat kepada gereja yang dianiaya
 Surat kepada DPR, Walikota, Gubernur Presiden mengenai isu tertentu

3. Rencanakan dalam Kelompok:
 Aktivitas penjangkauan ke orang di sekitar, sahabat dan teman kos
 Aktifitas informal dalam rangka penjangkauan
 Membantu mahasiswa baru (tempat tinggal, buku, lokasi etc)
 Aktivitas kunjungan liburan untuk mengenal dan melayani keluarga

4. Training
 Dorong anggota KK untuk mengikuti training PI (EE, Empat Hukum Rohani, M2M, Cat n Dog Theology, etc)
 Ajak mereka untuk membantu penjangkauan di kampus lain

5. Dukungan Dana
 Mendukung pelayanan kampus
 Hamba Tuhan di sekitar pelayanan mahasiswa
 Membagikan sembako kepada orang miskin di jalanan
 Membantu seorang misionaris
 Mengirmkan dana bagi pelayanan yang kekurangan

6. Belajar Peka Terhadap Sosial
 Mengadakan aksi kebersihan di Asrama, Kampus dan Sekertariat
 Mengirimkan ususlan kepada dekan, rektor dan mendiknas
 Mengikuti diskusi CC dan KDAS
 Mengikuti demonstrasi tertentu yang dapat dipertangungjawabkan

2 komentar:

Irene Salomo mengatakan...

THanks untuk inspirasinya kak :)

Meyranda Lista Purba mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.