Rabu, 26 September 2007

eksposisi Kaleb

Topik: Eksposisi Tokoh Kaleb (Bil 13:1-14:10) (keberanian seorang pemimpin)
Berani tampil beda
Ada satu pemahaman bahwa di dalam narasi perjanjian lama kita akan melihat bagaimana Allah mengambil peran utama di dalam cerita itu. Pemahaman ini memang benar bahwa melalui setiap cerita, kita akan mengenal Allah melalui tokoh atau bangsa Isreal. Tetapi bukan berarti kita tidak bisa belajar dari tokoh tersebut. Meskipun memang terkadang, tokoh perjanjian lama menampilkan satu sikap hidup yang nagatif. Sebagai contoh, seorang Yusuf yang memamerkan jubah mahaindahnya di depan saudara-saudaranya yang sedang menggembalakan domba (Kej:37:23). Kita harus pahami bahwa setiap tokoh pasti memiliki berbagai segi yang di dalamnya kita akan melihat pekerjaan Tuhan yang mengubah hidup mereka. Hidup mereka yang diperbaharui oleh Allah Israel itulah yang menjadi satu teladan yang bisa kita aplikasikan untuk kehidupan kita saat ini.
Kaleb adalah salah satu tokoh hikayat perjanjian lama. Ia adalah seorang pemimpin suku di antara ke-12 suku yang ada di Israel (Bil 13:4), tepatnya suku Yehuda. Pada saat Kaleb menjadi kepala suku Yehuda ia dipilih oleh Musa menjadi salah seorang yang menjadi pengintai tanah Kanaan. Di dalam perjalanan bangsa Israel dari tanah Mesir kepada tanah Kanaan Allah berfirman kepada Musa untuk mengirim setiap pemimpin suku untuk mengintai negeri kanaan.
Tanah Kanaan yang di janjikan Tuhan pun mulai diintai oleh semua kepala suku di Israel (Bil 13:17-24). Mereka mulai mengintai negeri itu dengan melihat segala yang ada di negeri itu. Lembah ke lembah mereka jalani, gunung ke gunung mereka perhatikan sampai pada setiap segi tanah perjanjian itu mereka ketahui. Hasil negeri itu mereka ambil dengan memotong setandan anggur sebagai bukti bahwa negeri itu berlimpah susu dan madu. Ternyata, memang benar negeri itu berlimpah susu dan madu, negeri itu sangat kaya akan hasil anggur, gandum dan ternaknya yang melimpah ruah (Bil 13:27). Ini menjadi kabar yang sangat menggembirakan bagi bangsa Israel. Perjalanan para pengintai selama 40 hari itu, menghasilkan suatu kabar yang menggembirakan, negeri yang berlimpah susu dan madu.
Tetapi, negeri itu bukan hanya dilimpahi oleh susu dan madu tetapi juga didiami oleh bangsa-bangsa yang “besar”. Negeri itu didiami oleh bangsa keturunan Enak, orang Amalek, orang Yebus, orang Het, orang Amori dan orang Kanaan (Bil 13:28-19). Sepintas lalu mungkin kita akan berpikir, ada apa dengan orang itu? Atau kenapa rupanya kalau negeri itu didiami oleh bangsa-bangsa yangn besar. Penulis kitab bilangan menyebutkan bangsa ini adalah bangsa yang kuat-kuat dan ditambah lagi mereka mendiami bagian-bagian yang sangat strategis, yaitu pegunungan, dan lembah-lembah yang secara geografis akan sangat sulit untuk diruntuhkan. Dengan kata lain, bangsa Israel menyimpulkan bagaimana mungkin kita akan menduduki negeri yang berlimpah susu dan madu itu jika didiami oleh bangsa-bangsa yang seperti itu.
Kabar menggembirakan berubah menjadi satu kabar yang sangat menakutkan. Memang benar negeri yang dijanjikan Allah itu berlimpah susu dan madu tetapi mereka bertanya kenapa bangsa-bangsa yang seperti itu yang berdiam disana. Seperti bisa, orang Israel langsung meresponi dengan gusar dan mulai menyalahkan Allah Yahwe. Memang benar itu adalah tanah yang subur tetapi apa maksudnya negeri itu berkubu-kubu dan orang-orang besar tinggal disana. Ini adalah gambaran pertanyaan orang-orang yang mulai meragukan janji Allah. Bahkan hal inilah yang membawa mereka gelisah dan siap memberontak kepada janji Allah. Yakni kita harus mundur untuk bermimpi menduduki tanah perjanjian itu. Jadi bagaimana sekarang. Apa yang harus kita lakukan, kecuali mundur atau terpikir kembali ke tanah Mesir.


Para pemimpin suku yang mengintai tanah Kanaan itu terdiam melihat negeri yang di janjikan itu. Di tengah ketakutan, muncullah seorang Kaleb yang mencoba menenteramkan hati bangsa yang penakut ini. (Bil 13:30-31) Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: "Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!" Kalimat yang sangat “langka”, keluar dari mulut seorang pemimpin. Meskipun di satu segi kalimat itu akan menghasilkan satu resiko. Kaleb harsu tahu itu. Tetapi apa pun itu, akan menjadi harga seorang pemimpin untuk bersuara ditengah kekacauan. Orang Israel mungkin akan berkata: hei..Kaleb bagaimana mungkin engkau berkata kita akan menduduki negeri itu, engkau tidak tahu siapa kita dan siapa yang menduduki negeri itu? Secara logika berpikir memang benar negeri yang di janjikan itu sangat kecil kemungkinan untuk diduduki. Bangsa yang berdiam, dilengkapi dengan kubu dan pertahanan yang sangat rapi dengan kata lain mustahil orang Isreal bisa menduduki negeri itu. Sehingga benarlah tindakan Kaleb itu sangat bodoh jika kita berpikir secara manusia. Tetapi ingat, jika berpikir sebagaimana rencana Allah maka jawaban kita akan berbeda. Bahkan sangat berbeda.
Kalimat yang diucapkan Kaleb di mentahkan dengan hasutan 10 pemimpin suku yang lain. Sebagian besar pemimpin suku mengatakan: "Kita tidak dapat maju menyerang bangsa itu, karena mereka lebih kuat dari pada kita." (Bil 13:31-32). Tidak hanya itu, mereka juga semakin jauh dengan meyampaikan kabar busuk tentang negeri yang diintai itu. Katanya, ternyata negeri itu memiliki kebiasaan memakan penduduknya sendiri, orang itu memiliki perawakan yang sangat tinggi dan kami seperti belalang di hadapan mereka. Keturuanan Enak berada di sana, yang merupakan keturunan raksasa (Bil 13:32-33). Ketika mendengar tambahan berita bohong itu, bisa kita bayangkan bagaimana respon orang Israel mendengarnya. Semakian gundah, semakin kacau dan semakin ragu akan janji Tuhan. Suasanapun semakin tak terkendali. Dan ingat sekali lagi, di dalam suasana yang seperti ini sangat riskan untuk bertindak apalagi sesuatu itu berbeda menurut pandangan sebagian besar orang. Sangat beresiko.
Kita mungkin bertanya, apakah Kaleb menarik kembali pernyataanya bahwa “Kita akan maju dan menduduki negeri itu?”. Jawabanya tidak. Bahkan sangat mengejutkan Kaleb tidak berhenti sampai satu pernyataan itu tetapi Kaleb dan Yosua berdiri dan mengoyakan pakaiannya (Bil 14:6). Ini merupakan bukti berkabung atas bangsa yang penakut itu dan sebagai bukti perlawanan terhadap orang-orang yang tidak mengenal Tuhan. Mereka berkata: (Bil 14:7-9) dan berkata kepada segenap umat Israel: "Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya. 8 Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya. 9 Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka." Sekali lagi kalimat ini sangat beresiko dan “langka”.
Apa yang membuat Kaleb berkata demikian. Jika kita perhatikan kalimat itu mereka ucapkan dengan dasar pengenalan yang dalam akan Allah di dalam rencana dan janji-Nya. Mereka yakin jika TUHAN menjanjikan negeri itu maka negeri itu akan menjadi milik mereka. Hanya mereka, jangan memberontak kepada Allah. Keyakinan mereka bahwa Allah Israel akan mengalahkan semua bangsa itu bahkan akan menelan bangsa-bangsa yang besar itu sampai habis. Jangan takut kepada bangsa yang besar-besar itu dan bangsa yang berkubu itu, jika TUHAN menyertai kita. Melalui pengenalan itu mereka jelas tahu jika TUHAN menyertai, maka semua akan berjalan sebagaimana maksud dan rencanaNya. Allah Israel bukanlah Allah yang lupa akan janji dan bahkan Allah Israel sanggup mengalahkan semua bangsa-bangsa itu.
Lalu segenap umat itu mengancam hendak melontari kedua orang itu dengan batu. Tetapi tampaklah kemuliaan TUHAN di Kemah Pertemuan kepada semua orang Israel (Bil 14:10-11). Resiko itu muncul dan harus dihadapi. Yakni, lontaran batu dari bangsa yang sudah meragukan TUHAN dan merasa dipermainkan oleh TUHAN. Apalagi bangsa yang bebal ini sangat mudah untuk dihasut dan setiap orang yang berani untuk menawarkan sesuatu yang berbeda disarankan berhati-hati. Tetapi penyertaan TUHAN yang Kaleb ketahui itu terbukti melalui kehadiraNya. Ketika resiko itu datang, Allah tidak hanya diam. Kemuliaan TUHAN Nampak di kemah pertemuan. Ini merupakan pertanda Allah hadir bersama-sama orang yang takut pada-Nya dan peringatan siapa saja yang memberontak kepada Dia.
Kaleb yang mengikut Tuhan dengan segenap hati, harus berhadapan dengan bangsa yang bebal. Tetapi justru, di dalam hal itulah kita melihat bagaimana keberanian seorang Kaleb menantang arus. Berani menentang pendapat dengan yang mayoritas dan berani tampil beda dari 10 orang pengintai yang lain. Ketika kondisi seperti ini yang terjadi seorang pemimpin akan mengalami pengujian, bagaimana ia mengikut TUHAN. Tetapi dengan jelas Kaleb menjatuhkan pilihannya: mengikut Tuhan dengan sepenuh hati.
Melihat realita kehidupan pemimpin Kristiani saat ini, bisa kita katakan sesuatu yang sangat langka menampilkan diri seperti yang ditunjukan oleh Kaleb. Untuk bisa mencari seorang pemimpin yang benar-benar memiliki keberanian untuk menampilkan suatu sikap yang berbeda dari apa yang dunia ini tawarkan sepertinya adalah sesuatu yang sangat sulit. Memang untuk bisa memilih berbeda dengan sebagaian besar orang di dunia ini maka sepertinya kita sedang berhadapan dengan satu singa lapar yang setiap saat siap menerkam kita. Seperti domba yang mencoba memberikan pendapat kepada kumpulan ribuan serigala. Tetapi kita harus mengingat, hal ini adalah kewajiban setiap pemimpin yang mau mengikut Tuhan dengan sepenuh hati.
Buah dari keberanian Kaleb adalah mereka akan menikmati Tanah perjanjian. Bahwasanya orang-orang yang telah berjalan dari Mesir, yang berumur dua puluh tahun ke atas, tidak akan melihat negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada Abraham, Ishak dan Yakub, oleh karena mereka tidak mengikut Aku dengan sepenuh hatinya, kecuali Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, dan Yosua bin Nun, sebab keduanya mengikut TUHAN dengan sepenuh hatinya (Bil 32:11-12). Pemimpin yang memberontak itu harus menerima kenyataan tidak akan mendapat bagian di dalam tanah yang berlimpah susu dan madu. Tetapi Kaleb dan Yosua akan memperoleh bagian dan menikmati tanah perjanjian yang berlimpah susu dan madu itu. Ini merupakan upah setiap oarng yang mengikut Tuhan dan ini sangat jelas berada di dalam satu pililhan dimana setiap orang bebas memilih. Mengikut Tuhan atau mengikut dunia. Pemimpin yang mengikut dunia akan berpikir dan bertindak menurut ukuran dunia tetapi pemimpin yang mengikut Tuhan akan berpikir dan bertindak menurut kehendak dan rencana TUHAN. Prasasti Perangin-angin, anggota Perhimpunan suka menulia (perkamen} Medan dan bekerja sebagai staff perkantas medan.

Eksposisi Tokoh: Yusuf (Ketabahan seorang pemimpin)
Apa pun itu, jalanilah!
Berbicara tentang kehidupan Yusuf maka kita akan melihat suatu kehidupan yang penuh sensasi di tengah penderitaan yang ia hadapi. Di dalam kehidupan Yusuf tercermin suatu makna kehidupan tentang kesetiaan memahami rencana Allah. Mulai dari di sisihkan oleh saudara-saudaranya, di kabarkan mati oleh karena dimakan binatang buas, difitnah oleh tante yang sedang di penuhi oleh birahi, sampai kepada dia di lupakan di dalam penjara. Liku-liku Kehidupan yang begitu rupa dihadapi oleh seorang Yusuf. Tetapi liku-liku yang panjang ini sebenarnya akan membawa Dia menjadi seorang pemimpin. Menjadi perdana menteri di istana Firaun. Pengaruh dan posisi itu di nikmatinya tentunya setelah melewati jurang yang sangat terjal untuk di lewati. Jurang yang setiap saat dapat menarik dia untuk berhenti dan terlarut di dalam kedalaman jurang.
Pada suatu hari Yakup ayah Yusuf memberikan jubah maha indah kepada yusuf. Ini sebagai pertanda bahwa Yakub begitu mengasihi Yusuf dengan alasan Yusuf merupakan anak yang lahir pada masa tuanya. Alasan yang sangat simpel. Jubah maha indah yang di banggakan Yusuf dan Yakub menjadi pemicu lahirnya bara api kebenciaan dan iri saudara-saudaranya yang lain. Dan ini adalah benih yang seharusnya tidak di tanam oleh seorang ayah.
Yusuf bermaksud melihat saudara-saudaranya yang sedang menggembalakan domba ayahnya. Ketika ia datang, tentunya dengan memakai jubah maha indah itu, saudara-saudaranya sepakat untuk membunuh Yusuf. Berkata: lihat anak yang memakai jubah maha indah itu datang kita akan membunuh dia. Tetapi, di antara saudara yang sepakat untuk membunuh Yusuf ada Ruben yang masih memiliki hati nurani. Dimana ketika Ruben mendengar hal itu, ia ingin melepaskan Yusuf dari tangan mereka, sebab itu katanya: "Janganlah kita bunuh dia!". Ruben sebagai anak sulung tidak berdaya untuk melepaskan Yusuf. Sehingga begitu saja Yusuf tiba, saudara-saudaranya langsung menanggalkan jubah maha indah itu dan melemparkan Yusuf kedalam sumur yang tidak berair. Pada akhirnya mereka bersepakat untuk menjual Yusuf, dan secara kebetulan mereka melihat keturuanan Ismael lewat dari daerah itu, maka Yusuf pun di jual kepada mereka. Orang Ismael menjual Yusuf kepada Potifar seorang kepala prajurit.
Penyertaan Allah Israel dimulai ketika Yusuf berkerja di rumah Potifar. Dimana setiap pekerjaan yang ia kerjakan berujung kepada yang namanya keberhasilan. Ini adalah bukti bagaimana Allah menyertainya. Status sebagai seorang budak meningkat menjadi seorang yang bertanggungjawab kepada seluruh pekerjan yang ada di ladang dan di rumah Potifar.
Tetapi, Adapun Yusuf itu manis sikapnya dan elok parasnya. Ternyata seorang Yusuf memilik paras yang elok dan sikap yang manis. Kita mungkin akan bertanya apa yang salah dengan paras dan sikap yang manis itu. Ya, memang tidak ada yang salah dengan Yusuf tetapi yang salah ialah subjek yang melihat itu yakni isteri Potifar. Ada apa dengan istri Potifar? istri potifar mengajak Yusuf untuk bersetubuh dengan dia. Istri potifar mengajak untuk berselingkuh dengan dia. Ternyata paras yang elok dan sikap yang manis menjadi pergumulan tersendiri bagi Yusuf di rumah Potifar. Ketika suasana sangat mendukung untuk melakukan kejahatan itu istri potifar pun mulai menggoda. Sebagai seorang laki-laki yang normal ini merupakan pergumulan yang sangat berat bagi seorang Yusuf, tentunya.
Hari ke hari seorang isteri Potifar yang lagi dimabuk kepaya, menggoda Yusuf untuk bersetubuh dengan dia. Tetapi yang menarik adalah anak muda ini tidak pernah terlena bahkan care dengan rayuan kecantikan isteri Potifar. Tidak! Adalah jawaban dari seorang muda ini. Kenapa Yusuf menjawab: Tidak! bagaimana mungkin ia menghianati tuan yang mempercayakan segala sesuatu bagi dia. Dan yang terutama karena hal itu merupakan kejahatan besar di hadapan Allah Israel. Melalui ini Yusuf berkata bahwa hidup ini di jalani dengan kesetiaan.
Kesetiaan ini memang berujung kepada fitnah dari “tante” yang sedang dinaungi api asmara cinta. Cinta yang penuh berahi dan hawa nafsu membuat seorang “tante” yang sedang kegatelan itu melakukan suatu tindakan yang semakin gila. Mengatakan bahwa Yusuflah yang ingin memperkosa dia dan Yusuflah yang bertanggungjawab atas kejadiaan itu. Apa artinya, ganjaran sedang menanti atas tuduhan itu yakni masuk penjara. Yusuf dimasukan oleh Potifar kedalam penjara. Buah kesetian budak kepada majikan harus berakhir di dalam penjara. Inilah hidup orang yang mempertahankan kesetiaan.
Ketika Yusuf masuk penjara kira-kira apa yang di pikirkanya. Apakah ia masih mengingat bagaimana Allah yang selalu menyertai dia? Allah yang menjadi alasan bagi dia untuk tidak menjawab cinta birahi nyonya potifar? Saya tidak tahu apa yang ia pikirkan. Tetapi yang saya tahu ia sedang menjalani masa sulit yang di peroleh karena kesetiaan kepada Allah. Hanya itu.
Ketika di dalam penjara Yusuf berpikir apa yang harus ia lakukan. Mungkin dia akan berpikir bahwa hidupnya akan berakhir di dalam penjara. Tetapi, ketika ia berada di dalam penjara ia bertemu dengan pegawai istana firaun yang juga masuk penjara dan satu sel dengan dia. Satu hal yang terpikir olehnya adalah orang yang ia temui kali ini adalah orang yang mungkin akan membantu dia keluar dari penderitaan itu. Dimana, ketika Yusuf menafsir mimpi pegawai itu mereka berjanji akan memberikan sesuatu kepada Yusuf yakni di ingat untuk di lepasakan dari dalam penjara tentunya.
Janji seorang pegawai untuk melepaskan dia dari penjara ternyata hanya sebatas retorika belaka. Talk only. Pegawai istana Firaun sama sekali tidak pernah mengingat apa yang pernah ia janjikan. Setelah mereka keluar dari penjara, harapan Yusuf untuk di ingat dan di lepaskan dari penjara sekarang tinggal diawan-awan.
Suatu hari Raja Firaun bermimpi. Setelah di cari-cari siapa yang bisa menafsirkan mimpinya di kota itu ternyata tidak terdapat orang yang bisa menafsirkan mimpi itu. Dengan kata lain raja membutuhkan seorang yang bisa menafsirkan mimpinya. Seluruh pegwai istana ditanyakan tentang hal itu. Pengalaman pegawai istana yang pernah bertemu dengan Yusuf dan menafsirkan mimpi mereka menjadi jawaban bahwa ada seorang anak muda bisa menafsirkan mimpi raja. Ketika mendengar hal itu Raja Firaun langsung memangil Yusuf dari dalam penjara.
Raja Firaun langsung menceritakan mimpinya kepada anak muda itu. Mimpin itupun akhirnya bisa di jelaskan oleh Yusuf. Artinya adalah, bahwa bangsa mesir akan menderita kelaparan selama tujuh tahun tetapi sebelum masa kelaparan itu akan terjadi di mana masa bangsa mesir akan mengalami masa panen yang sangat luar biasa. Sehingga muncul pertanyaan apa yang harus dilakukan kalau seperti itu. Maka Yusuf mempersentasikanya dengan baik. Ketika tujuh tahun masa panen itu tiba, maka bangsa mesir harus menyimpan hasil panen itu di dalam sebuah gudang dan ketika masa kelaparan itu tiba maka semua bangsa akan datang kepada bangsa mesir. Persentase yang luar biasa. Untuk mengantisifasik tujuh tahun kelaparan dibutuhakan persediaan panen yang berlimpah selama tujuh tahun juga. Melihat hasil itu, raja pun langsung “jatuh cinta” kepada Yusuf. Dia di angkat menjadi seorang perdana menteri di mesir. Menjadi orang nomor dua setalah Firaun. (bersambung)
Kehidupan Yusuf sebagai orang nomor dua di Mesir membawa dia dalam satu kehidupan menjadi saluran berkat bagi dunia pada waktu itu. Segala bangsa datang ke Mesir karena hanya di Mesir lah terdapa lumbung makanan.
Pristiwa kelaparan yang melanda dunia juga membawa Yakub dan anak-anaknya harus pergi ke Mesir karana di negeri Yakup juga terjadi kelaparan. Ketika terjadi kelaparan

Tidak ada komentar: